Kamis, 04 Desember 2014

Bisnis Tanpa Modal; Bisnis Modal Ngobrol dan Kartu Nama

Sumber: blogger14pasan.wordpress.com


Haii.. kali ini saya akan memberikan tips  bisnis tanpa modal dan dengan hanya modal ngobrol atau kartu nama. Sejauh pengalaman berbisnis yang saya jalani, saya sering menggunakan trik ini untuk berbisnis dan memasarkan produk agar konsumen selalu order produknya.

Sering kali pebisnis pemula kesulitan bertindak untuk mendapatkan proyek atau orderan dikarenakan mindset "harus punya modal". Namun, jika dia kreatif
. Pebisnis pemula sekalipun akan bisa langsung mendapatkan orderan. Tentunya dengan usaha yang konsisten untuk memasarkan atau "menjual diri". Menjual diri adalah menjual skill yang kita punya. Misalkan kita memiliki skill menulis, yang dijual ya tulisannya.

Berikut adalah beberapa bisnis yang dapat dilakukan dengan tanpa modal. Hanya bermodalkan ngobrol dan kartu nama,


1. Bisnis Desain Grafis
Tentunya bagi desainer, sangat penting membangun personal branding. Personal branding merupakan brand image dari sebuah karya dan kualitas pribadi kita. Nah, untuk bisnis ini. Desainer hanya membutuhkan kartu nama, media sosial dan kemampuan berkomunikasi dengan calon client. Buat kartu nama 200 lembar, kemudian list daftar perusahaan atau UMKM yang belum memiliki logo, company profile, atau desain pamflet. Kemudian, manfaatkan kartu nama untuk menunjukkan bahwa desainer itu memiliki kemampuan mendesain logo dan sebagainya. Temui Manajernya. Ngobrol ringan. Dan tunggu saja follow up dari perusahaan tersebut. Ingat! Manajer tidak akan melakukan deal langsung. Tapi tunggu dibutuhkan. Selagi menunggu waktu konfirmasi, bisa digunakan untuk menyebar kartu nama ke lain perusahaan yang sekiranya membutuhkan jasa desainer. Selamat Mencoba.

2. Penulis
Sama seperti desainer. Penulis merupakan pe-bisnis tanpa modal. Hanya membutuhkan kartu nama untuk menjual dirinya. Jika sudah memiliki buku. Penulis dapat 'Ngobrol' dengan Guru Bahasa Indonesia untuk membantu memasarkan bukunya ke siswa-siswanya. Tentu dengan persiapan berupa Kartu Nama, Naskah Buku siap cetak, dan tim manajemen (bisa teman atau sahabat atau keluarga). Setelah negosiasi dan melakukan deal dengan guru Bahasa Indonesia. Maka tinggal tunggu guru tersebut memasarkan buku kita di sekolahannya. Nah, sistem pembelian bukunya adalah preorder. Setelah seminggu, guru berhasil mengumpulkan pembeli dari siswanya. Setelah transaksi dan memiliki modal untuk mencetak buku. Maka Anda segera mencetak naskah yang telah disiapkan. Lalu setelah jadi langsung dibagikan kepada pembeli. Cukup simple kan?

3. Online Marketing
Untuk bisnis tanpa modal yang satu ini memerlukan kolaborasi antara penulis dan web design. Karena dengan rajin menulis konten/artikel blog atau di website dengan kata kunci tertentu menggunakan teknik SEO. Penulis dapat menaikkan traffic pengunjung pada blognya hingga mencapai puluhan ribu pengunjung. Nah, karena yang berkunjung ke blognya sangat banyak. Maka penulis dapat memanfaatkan pemasangan iklan pada perusahaan offline yang membutuhkan iklan online pada website atau blog nya. Misalnya; harga pasang iklan di website adalah 500.000/tahun. Maka jika mendapatkan 100 Iklan dalam 5 bulan pertama, penghasilan blogger tersebut adalah 500.000 x 100 = 50.000.000 rupiah. Waah, bagaimana jika berjalan setahun, dua tahun ya. Bisa dihitung sendiri.

4. Web Programming
Jenis usaha kreatif ini membutuhkan skill tinggi. Entah sekolah di programming atau kursus yang sudah tentu memiliki biaya yang sangat mahal. Web programming adalah bisnis tanpa modal yang sangat tinggi penghasilannya. Karena hanya beberapa orang saja yang bisa dan tidak semuanya bisa. Sekali web programming membuat website, biayanya antara 3 juta hingga 16 juta rupiah lho. Dahsyat banget bisnis tanpa modal ini.

Nah, bagaimana kawan? Bisnis tanpa modal ini merupakan penggabungan antara skill, usaha dan kerja keras. Karena tidak ada yang serba instan di dunia ini. Harus dimulai dari anak tangga pertama. Namun jika dijalani dengan konsistensi. Maka hasil yang didapat akan sesuai dengan usaha yang telah dilakukan. Salam Sukses. - YD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar